Latar Belakang Masalah
Untuk memasarkan kebutuhan primer/pokok, cara ini masih sangat tepat.
Banyak perusahaan pemasar kebutuhan pokok sukses menerapkan pemasaran masal.
Tetapi kenyataannya berkata lain manakali diterapkan perusahaan pemasar produk
lain, semisal barang elektronik. Ini berasalan, karena untuk kebutuhan non
primer, konsumen cenderung mempertimbangkan hal-jal lain selain pertimbangan
kebutuhan. Dan ini jelas melahirkan variasi keinginan konsumen berbeda.
Terdapat tiga falsafah dasar
sebagai pedoman bagi perusahaan untuk mendekati pasar, yakni pemasaran masal
dimana keputusan untuk memproduksi dan mendistribusi produk secara masal,
pemasaran berbagai produk yang menyajikan pilihan produk berbeda untuk segmen
berbeda, dan pemasaran terarah yang mengembangkan produk untuk pasar yang
spesifik.
Latar belakang pentingnya segmentasi bagi perusahaan disebabkan antara lain
karena segmentasi memungkinkan perusahaan lebih terfokus dalam mengalokasi
sumber daya. Kedua, segmentasi merupakan basis untuk menentukan
komponen-komponen strategi, taktik dan value secara keseluruhan. Segmentasi
yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan suatu acuan dan
basis bagi penentuan positioning. Ketiga segmentasi merupakan faktor kunci
untuk mengalahkan pesaing.
Tujuan
Bedasarka permasalahan- permasalahan
diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Mengetahui apa arti segmentasi pasar beserta unsur-
unsurnya
2. Mengetahui target pasar
Segmentasi
pasar adalah kegiatan
membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan,
karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau
bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai
proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk,
menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
syarat-syarat
pengelompokkan pasar sebagai berikut :
- Measurability, yaitu ciri-ciri atau
sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.
- Accessibility, yaitu suatu keadaan dimana
perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan) usaha
pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
- Substantiability, yaitu segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.
Dalam penetapan segmentasi pasar, terdapat beberapa
hal yang menjadi dasarnya yaitu:
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
- Variabel geografi
Variabel tersebut, antara lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
- Variabel demografi
Variabel tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll.
- Variabel psikologis
Variabel tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Variabel tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
Dasar–dasar segmentasi pada pasar industri
- Tahap 1,
yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai
akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
- Tahap 2,
yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian,
kualitas produk, dan pelanggan.
Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik.
Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu
segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
- Pemasaran massal
Pemasaran
massal berfokus pada produksi
massal, distribusi
massal, dan promosi
massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
- Pemasaran segmen
Pemasaran
segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku
pembelian.
- Pemasaran ceruk
Pemasaran
ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-group di dalam
segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih
sempit.
- Pemasaran mikro
Praktik
penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu
atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan
pemasaran individu.
Tahapan Segmentasi Pasar
Terdapat tiga tahapan yang umumnya dilakukan oleh perusahaan dalam
melaksanakan segmentasi pasar, yaitu:
1. Tahap survey
yaitu peneliti melakukan
wawancara dan pengamatan. Wawancara dilakukan untuk mencari penjelasan,
sedangkan pengamatan dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang motivasi,
sikap dan perilaku konsumen. Dengan menggunakan hasil temuan ini, peneliti
menyiapkan lembaran kuesioner untuk pengumpulan data tentang:
a. Atribut produk,
b. Kesadaran merek,
c. Pola-pola pemakaian produk,
d. Sikap terhadap kategori produk,
e. Demografis, geografis, psikografis.
- Tahap analisa
yakni peneliti mengolah data dengan analisa faktor untuk membuang variabel
yang berkorelasi tinggi. Kemudian peneliti menerapkan analisa kelompok untuk
menghasilkan segmen yang berbeda secara maksimum.
- Tahap pembentukan
yakni tiap kelompok dibentuk berdasarkan perbedaan sikap, perilaku,
demografis, psikografis. Tiap segmen diberi nama sesuai dengan sifat–sifat
dominan yang membedakannya.
Target Pasar
Dalam menetapkan target market
perusahaan dapat mempertimbangkan lima pola, dapat dijelaskan sebagai Berikut :
1. Single Segment Concentration
1. Single Segment Concentration
Single Segment Concentration
maksudnya adalah perusahaan dapat memilih satu segmen saja. Perusahaan lebih
bisa mencapai posisi yang kuat disatu segmen, dengan pengetahuan yang baik
terhadap kebutuhan segmen sehingga bisa diperoleh keuntungan. Namun, konsentrasi
di satu segmen mempunyai potensi resiko yang cukup besar, sehingga alasan
inilah yang mendasari perusahaan untuk memilih
2. Selective Specialization
Selective Specialization maksudnya
adalah perusahaan menyeleksi beberapa segmen. Segmen yang dipilih mungkin tidak saling berhubungan atau membentuk
sinergi, tetapi masing – masing segmen menjanjikan uang. Strategi ini lebih
dipilih oleh perusahaan untuk menghindari kerugian, walaupun salah satu
segmennya tidak produktif, tetapi perusahaan tetap memperoleh pendapatan
3. Product Specialization
Product Specialization maksudnya perusahaan berkonsentrasi membuat produk
khusus atau tertentu. Melalui cara ini, perusahaan membangun reputasi yang kuat
di produk yang spesifik. Namun resikonya tetap ada, yaitu apabila terjadi
kekurangan bahan untuk pembuatan produknya
4. Market
Specialization
Market
Specialization maksudnya adalah perusahaan berkonsentrasi melayani berbagai
kebutuhan dalam kelompok tertentu. Perusahaan memperoleh reputasi yang kuat dan
menjadi channel untuk semua produk baru yang dibutuhkan dan dipergunakan oleh
kelompok tersebut. Resiko akan kerugian akan timbul apabila kelompok tadi
mengurangi pembelian atau kebutuhannya.
5. Full Market Coverage
5. Full Market Coverage
Full Market Coverage maksudnya adalah perusahaan berusaha melayani semua
kelompok dengan produk yang dibutuhkan. Namun, hanya perusahaan besar yang bisa
melakukannya. Untuk menciptakan kepuasan konsumen, pemasar dapat melakukan
diferensiasi dan menghasilkan lebih banyak penjualan daripada tidak melakukan diferensiasi,
namun diferensiasi dapat meningkatkan biaya perusahaan. Secara umum, hal ini
tetap akan bermanfaat khususnya apabila dikaitkan dengan strategy
profitability,
namun demikian
perusahaan sebaiknya berhati – hati agar tidak terjadi over segmenting. Biaya yang
diperkirakan adalah Product modification cost, manufacturing cost,
administrative cost, inventory cost, dan promotion cost.
Tujuan Segmentasi Pasar
Tujuan
adanya segmentasi pasar adalah sebagai berikut :
- Menyalurkan uang dan usaha ke
pasar potensial yang paling menguntungkan
- Merencanakan produk yang dapat
memenuhi permintaan pasar
- Menentukan cara-cara promosi
yang paling tepat bagi perusahaan
- Memilih media advertensi yang
lebih baik dan menemukan bagaimana mengalokasikan secara baik.
- Mengatur waktu yang
sebaik-baiknya dalam promosi
- Para penjual atau perusahaan
akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menempatkan (mengarahkan)
serta membandingkan kesempatan-kesempatan atau harapan-harapan dalam pemasaran
sehingga dapat mempelajari kebutuhan tiap segmen
- Para penjual dapat menggunakan
pengetahuannya untuk menanggapi usaha pemasaran yang berbeda-beda sehingga
dapat mengalokasikan anggarannya dengan lebih tepat terhadap berbagai
segmen.
- Penjual dapat mengatur lebih baik produksnya dengan cara pemasarannya.
Sumber :
http://www.kumpulanistilah.com/2012/09/pengertian-segmentasi-pasar.html
http://febrinaanisa.blogspot.com/2011/10/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar
http://febrinaanisa.blogspot.com/2011/10/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar